-->

Ad Unit (Iklan) BIG

10 Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat Air Putih. Air merupakan komponen utama dari tubuh manusia. Di dalam tubuh terdapat substansi cairan antara 55 sampai 78 persen, tergantung pada ukuran tubuh. Memenuhi kebutuhan air setiap hari dan tidak pernah melewatkan kebiasaan tersebut dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. 

Anda tidak perlu takut akan air putih karena di dalamnya tidak mengandung kalori, lemak, karbohidrat dan gula yang menjadi sumber penyakit yang mengancam nyawa. Para ahli menyarankan setiap orang untuk minum minimal delapan sampai sepuluh gelas tiap hari agar kondisi fisik tetap stabil.

Bahkan, Institute of Medicine menetapkan kebutuhan cairan setiap manusia per harinya adalah tiga liter atau 13 gelas untuk pria dan 2,2 liter atau sembilan gelas untuk wanita, bisa lebih disesuaikan dengan usia dan ukuran tubuh. 

Manfaat Air Putih

manfaat air putih
(c) ccwater
Air putih akan membantu tubuh terhindar dari dehidrasi karena setiap sel dalam tubuh mendapatkan pasokan air yang baik sehingga berfungsi dengan optimal.

Berikut 10 manfaat sehat dari kebiasaan minum air putih setiap hari seperti dilansir Top 10 Home Remedies.

Apabila Anda sering merasa lesu atau lelah berlebihan, kemungkinan besar itu sebuah sinyal bahwa tubuh kekurangan cairan. Bahkan, kelelahan merupakan indikasi utama yang terjadi pada seseorang yang mengalami dehidrasi.

Saat tubuh kekurangan cairan, jantung akan bekerja lebih keras untuk memompa darah yang mengandung oksigen ke seluruh jaringan tubuh melewati aliran darah karena terjadinya penurunan volume darah. Selain itu beberapa organ utama lain yang semestinya bekerja optimal menjadi kuerang efisien akibat dehidrasi tubuh.

Maka dari itu jika tubuh merasa lelah hal utama yang bisa Anda lakukan adalah minum air putih minimal tiga gelas, setelah itu biarkan tubuh istirahat sejenak sembari menunggu reaksi positif yang dihasilkan dari air minum tadi.

2. Meningkatkan Mood
Hilangnya mood tidak melulu dikaitkan dengan sebab tertimpa masalah. Para peneliti mengungkapkan bahwa kondisi tubuh yang kekurangan asupan cairan terlalu sering dapat mempengaruhi suasana hati dan kemampuan berpikir.

Sebuah riset kecil yang dilakukan pada 25 wanita dan hasilnya ditulis di dalam Journal of Nutrition mengungkapkan bahwa dehidrasi dapat mempengaruhi suasana hati dan fungsi cognitive. Kemudian hadir kembali mood positif setelah tubuh mereka mendapatkan cairan dengan jumlah yang cukup.

3. Meredakan Sakit Kepala
Sakit kepala termasuk migren disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya dehidrasi. Dalam studi yang dipublikasikan dalam Europea Journal of Neurology menjelaskan bahwa banyak minum air sangat membantu mengurangi rasa sakit pada kepala.

4. Baik Untuk Pencernaan
Peran air dalam saluran cerna adalah membantu proses pencernaan makanan menjadi lebih baik. Kurangnya air dapat mengakibatkan sembelit dan menghambat laju cerna makanan yang masuk ke dalam usus, jika terus menerus dibiarkan saluran cerna akan mengalami kerusakan.

Minum banyak air putih dapat meningkatkan metaboisme tubuh dan membantu kelancaran proses pengolahan makanan karena gerakan usus menjadi teratur. Para ahli merekomendasikan kita untuk minum air putih hangat ketika mengalami sembelit karena baik untuk melancarkan pencernaan makanan.

5. Meningkatkan Nafsu Makan dan Menurunkan Berat Badan
Hilangnya nafsu makan dapat membahayakan tubuh karena tidak mendapat asupan nutrisi dari makanan yang seharusnya dikonsumsi. Jika Anda mengalami masalah tersebut sebelum memulai makan minumlah air putih minimal satu gelas.

Para peneliti mengungkap keistimewaan air putih untuk meningkatkan nafsu makan, khususnya jika diminum sebelum makan. Selain itu cukup konsumsi air putih juga dapat membantu menurunkan berat badan karena kecenderungan untuk makan banyak menjadi lebih kecil.

6. Mengeluarkan Racun Tubuh
Di dalam tubuh terdapat racun yang datang melalui makanan atau minuman yang Anda konsumsi (tanpa sadar akan hal tersebut).

Air merupakan pilihan terbaik untuk membantu mengeluarkan racun dari tubuh dan membuang zat berbahaya lain melalui keringat dan urin dengan proses buang air kecil.

7. Mencegah Batu Ginjal
Air dapat mengencerkan garam dan mineral dalam urin yang memicu terbentuknya batu ginjal. Tetapi terlalu banyak minum air juga mempengaruhi kemampuan ginjal untuk menyaring kotoran, meskipun belum banyak kasus yang ditegakkan akibat hal tersebut.

8. Mengontrol Suhu Tubuh
Jumlah air yang sesuai dengan kebutuhan tubuh dapat mengantur suhu badan karena air bersifat termal yang berkemampuan untuk melepaskan panas tubuh saat mengeluarkan keringat.

Suhu badan yang terkontrol juga menjadikan Anda merasa lebih bersemangat saat berolahraga. Minum air sehabis olahraga akan memperkecil risiko terjadinya nyeri sendi dan otot, serta mencegah kram dan keseleo.

9. Mengurangi Efek Negatif Dari Alkohol
Alkohol dapat membuat Anda lebih sering untuk mengeluarkan air kecil. Jika Anda sering nongkrong di bar sudah pasti sering menelan alkohol yang sebenarnya tidak bermanfaat sama sekali.

Para ahli merekomendasikan setiap orang yang telah banyak minum alkohol untuk memperbanyak minum air putih sebelum tidur agar dampak negatif dari alkohol menjadi lebih sedikit.

10. Mengatasi Napas Bau
Napas tidak sedap atau aroma mulut yang bau menyengat merupakan salah satu faktor menjauhnya seseorang dari Anda. Jika sudah begitu Anda akan tersingkirkan dari pergaulan. Jika tidak ingin berlama-lama terpuruk dalam kesedihan, lebih baik Anda mencari solusi dari masalah yang sedang Anda hadapi. 

Bau mulut disebabkan oleh kurangnya minum air sehingga mulut jadi lembab dan tidak dapat menyapu partikel makanan serta mempercepat pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut.

Dengan minum air minimal delapan gelas setiap hari aroma kurang sedap yang keluar dari mulut Anda lama kelamaan akan hilang karena bakteri atau kuman penyebabnya telah mati.

Tentu sekarang Anda sudah tahu bahwa upaya untuk memastikan tubuh tetap sehat bisa dilakukan dengan cara yang mudah, salah satunya minum banyak air putih sesuai banyaknya aktivitas yang Anda lakukan.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter