-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Obat Sakit Pinggang Tradisional Dari Ahli Pengobatan Herbal

Obat Sakit Pinggang. Sakit pinggang atau Low Back Pain (LBP) adalah gangguan kesehatan yang disebabkan oleh ketidakmampuan tubuh untuk mengangkat atau memikul beban berlebih sehingga otot dan sendi bergerak diluar batas. Orang yang telah memasuki usia lanjut lebih besar kemungkinan mengalami sakit pinggang, namun juga dapat terjadi pada usia muda.

obat sakit pinggang

Penyebab Sakit Pinggang

Selain disebabkan oleh ketidakmampuan tubuh untuk mengangkut beban berat, ada beberapa faktor lain yang menyebabkan sakit pinggang seperti berikut.

Trauma
Yang dimaksud dengan trauma disini adalah terjadi benturan langsung pada pinggang seperti tertabrak atau terserimpet kendaraan, maupun benturan tidak langsung seperti jatuh dari tangga yang mengakibatkan bergesernya tulang belakang, bahkan mengalami patah atau remuk tulang.

Regangan otot atau muscle sprain
Sakit pinggang disini terjadi misalnya ketika melakukan olahraga seperti joging atau berenang tanpa diawali dengan pelemasan atau pemanasan otot. Juga bisa dikarenakan mengambil benda di lantai dengan keadaan atau posisi bungkuk sehingga terjadi pembebanan pada pinggang atau distorsi mekanik.

Kurang Bergerak
Otot akan tegang ketika jarang digunakan untuk bergerak atau berolahraga. Rasa sakit dapat timbul misalnya ketika melakukan gerakan mendorong, mengangkat, menarik dan membungkuk.

Langkah Pencegahan

Untuk mencegah terjadinya gangguan pada pinggang bagian bawah Anda bisa mengikuti tips berikut.
  • Hindari kebiasaan merokok, jalani hidup sehat dengan konsumsi makan bergizi, mengatur pola makan dan rutin berolahraga.
  • Ketika berolahraga, jangan terlalu berlebihan atau memaksakan diri. Jika tubuh terasa lelah, lebih baik istirahat sejenak, jika agak baikan barulah lanjutkan lagi olahraga nya.
  • Jika Anda fitnes, jangan mengangkat besi dengan berat yang sebenarnya tidak mampu untuk diangkat.
  • Saat memungut atau mengambil barang di lantai, lebih baik berjongkok atau membungkuk namun posisi punggung tegak lurus horizontal, dan tumpuan yang digunakan adalah otot paha dan betis.

Obat Sakit Pinggang

Cara mengobati sakit pinggang secara medis atau alami kah yang akan Anda pilih?

Apabila cara medis, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah periksakan diri ke dokter, atau konsultasi langsung ke pakar ahli tulnag dan orthopedi. Untuk menegakkan diagnosis, Anda bisa menunjang dengan melakukan rontgen, CT Scan, atau MRI.

Sementara jalan kedua yaitu minum obat sakit pinggang tradisional (alternatif alami), berikut panduan pembuatan obat.

Akar Blustru
  • Persiapkan bahan berupa arak hangat 1 sloki dan akar blustru secukupnya.
  • Bakar akar blustru yang dialasi genting, kemudian haluskan dengan cara ditumbuk.
  • Ambil hasil tumbukan akar blustru yang sudah dibakar tadi sekitar 10 gram, kemudian seduh dalam 1 sloki arak hangat.
  • Minum obat ini sampai habis.
Daun Encok
  1. Ambil 1 hingga 5 gram daun encok dan 1 sendok makan kapur sirih.
  2. Campur kedua bahan dalam sebuah wadah, kemudian lumatkan.
  3. Balurkan ramuan di bagian pinggang yang sakit. Untuk wanita hamil dilarang mengoleskan obat pada bagian perut.

Akar Bunga Pagoda
  • Ambil 4 gelas air matang dan 30 - 90 gram akar bunga pagoda yang kering.
  • Rebus akar bunga pagoda kering dalam 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas.
  • Tunggu panas berkurang, kemudian saring airnya dan minum 2 kali sehari sebanyak 1 gelas.
  • Cara kedua bisa dengan menghaluskan akar bunga pagoda kering, kemudian seduh dalam secangkir air panas. Ketika panas berkurang, minum air seduhan sampai habis.
Sakit pinggang bisa terjadi kapan saja, karena itu hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah menghindarinya. Oleh sebab itu mulailah membiasakan pola hidup sehat dan jauhi hal-hal yang membahayakan kesehatan.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter