-->

Ad Unit (Iklan) BIG

24 Cara Mengobati Batuk Berdahak dan Kering Alami

Cara Mengobati Batuk. Batuk tidak terkategori sebagai penyakit, melainkan respon yang diberikan oleh sistem pertahanan tubuh di saluran pernapasan yang dikirim lewat syaraf menuju pusat batuk di otak untuk mengeluarkan lendir, makanan, asap, debu, dan lain sebagainya yang berada di dalam reseptor batuk seperti hidung, saluran pernapasan, dan telinga.

Benda asing yang terjebak di tiga reseptor batuk bisa berasal dari makanan sehari-hari yang kita konsumsi, ataupun dari sektor alamiah (seperti debu dan asap). Batuk bisa terjadi selama satu hingga tiga episode yang akhirnya dibedakan menjadi dua jenis, yaitu batuk akut (sembuh dengan sendirinya dalam waktu kurang dari 3 minggu) dan kronis (terjadi selama 3 bulan berturut-turut) –atau berulang. 

Penyebab Batuk

Penyebab Batuk
(c) Flickr
Dikutip dari beberapa situs kesehatan seperti ALODOKTER dan KlikDokter, infeksi saluran pernapasan terjadi akibat terkaman virus atau bakteri. Selain infeksi, penyebab batuk juga bisa dari lain faktor 
  • Penyakit kambuhan, seperti asma, PPOK (Penyakit Paru Obstruktif Kronik), dan atau bronkitis kronis.
  • Rinitis alergi semacam intoleransi saluran pernapasan terhadap serbuk sari  (hay fever).
  • Penyakit GERD atau Gastroesophageal Reflux yang didefinisikan sebagai penyakit yang terjadi saat asam lambung naik ke kerongkongan akibat lemahnya katup. Gangguan penyakit lambung dan kerongkongan ini digejalai oleh batuk dan nyeri pada dada. GERD bisa berujung batuk kronis.
  • Polusi udara udara juga memiliki peranan menyebabkan batuk terus-menerus akibat polutan dan iritan di udara yang terhirup oleh hidung sehingga masuk ke saluran pernapasan. 
  • Spora jamur yang berada di alam dan sekitar rumah juga dapat menyebabkan batuk dan mengi (sesak napas atau bengek) ketika dihirup.
  • ACE inhibitor, yaitu jenis obat yang dipakai untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan mengobati gagal jantung. ACE inhibitor yang ditelan oleh pasien kerap mendapati batuk kering. Batuk yang dialami berlangsung selama beberapa minggu setelah mereka berhenti minum obat tersebut.
  • Pertusis atau batuk rejan yang mana penyakit yang gejalanya berupa demam, flu, dan terutama batuk yang membuat seseorang sulit bernapas. Batuk rejam bisa berlangsung selama berminggu-minggu.

Cara Mengobati Batuk

Cara Mengobati Batuk Berdahak dan Kering
(c) Flickr
Bagaimana cara mengobati batuk berdahak dan kering?

Mungkin jawaban dari pertanyaan di atas yang sedang Anda butuhkan sekarang ini. Sudah lama membiarkan batuk dengan anggapan akan sembuh dengan sendirinya, namun ternyata tidak. Banyak yang mengalami hal tersebut. Oleh karena itu, lebih baik sedikit diperhatikan lagi masalah yang bisa berujung serius ini.

Berikut ini cara menyembuhkan batuk tanpa obat pabrik (baca: pada artikel ini hanya membahas obat batuk tradisional disertai beberapa tindakan untuk meredakan batuk, dan sama sekali tiada maksud mendiskreditkan obat buatan pabrik apalagi resep dari dokter).

1. Kacang Almond

Belum banyak yang tahu kalau ternyata biji atau kacang almond dapat mengatasi batuk. Langsung saja dicermati cara menghilangkan batuk secara alami dengan kacang almond.
  1. Sediakan 8 butir kacang almond. Rendam di dalam air selama 12 jam (bisa malam hari sembari ditinggal tidur).
  2. Tumbuk kacang almond hingga menjadi pasta lembut. Tambahkan sesendok teh mentega.
  3. Buat jadwal tiga hingga empat kali konsumsi perhari. Makan pasta hingga batuk hilang.

2. Buah Anggur

Anggur merupakan buah untuk menyembuhkan batuk berdahak. Sifat ekspektoran pada anggur mampu mengeluarkan lendir yang tersimpan dalam saluran pernapasan. Untuk mengurangi rasa jenuh, Anda bisa mengonsumsi anggur dalam bentuk cair, dijus misalnya.

3. Jus Wortel

Beta-karoten yang terkandung di dalam wortel dikonversi menjadi vitamin A yang dapat meningkatkan daya tangkap mata, melindungi kulit dari terpaan sang mentari, dan berbagai penyakit kulit. Selain itu, wortel juga mengandung antioksidan yang menjaga tubuh dari radikal bebas.

Karena diperkaya vitamin dan nutrisi penting, wortel bisa juga mengobati batuk yang sedang menimpa Anda. Berikut ini langkah pengobatannya.
  1. Bersihkan 4 wortel, kemudian masukkan dalam gelas blender, jangan lupa tuang air seperlunya.
  2. Tambahkan beberapa sendok teh madu untuk memberikan rasa manis.
  3. Blender hingga menjadi jus nikmat yang siap konsumsi.
  4. Minumlah sehari tiga hingga empat kali sampai batuk mereda.

4. Jeruk Nipis dan Kecap

Cara mengobati batuk dengan jeruk nipis dan kecap turun temurun dipercaya dan masih sering digunakan oleh masyarakat kontemporer. Memang benar, beberapa orang mengaku sembuh dalam waktu singkat hanya dengan rutin mengonsumsi obat batuk tradisional ini.

Penasaran? Berikut panduan membuatnya.
  1. Sediakan satu buah jeruk nipis, kecap secukupnya, dan sendok makan.
  2. Peras jeruk nipis ke atas sendok, tuang pula sedikit kecap, lanjut dengan mencampurkan kedua bahan sebelum diminum.
  3. Minum sehari dua sampai tiga kali selama batuk belum berhenti.

5. Madu 

Resep-resep sebelumnya ada yang disarankan menambahkan madu untuk memberi rasa. Mengapa madu yang dipilih? Tentu karena madu telah terbukti secara empiris efektif mengobati batuk dan tenggorokan gatal. Anda bisa minum madu langsung atau mencampurkannya dengan teh lemon.

6. Daun Mint yang Dijadikan Teh

Negeri Hitler mempercayai daun mint sebagai solusi untuk menyembuhkan batuk, infeksi saluran pernapasan bagian atas, dan bronkitis. Dedaunan ini dijadikan bahan baku langsung yang dikonsumsi dengan menjadikannya teh untuk mengurangi inflamasi dan merileksasikan otot trakea dan ilea.

Jika Anda memiliki tanaman ini di sekitar rumah, tidak ada salahnya mencoba cara mengobatib atuk dengan daun mint. Berikut langkah-langkahnya.
  1. Petik daun teh mint secukupnya, kemudian seduh dengan air mendidih selama 10 menit, saring.
  2. Untuk memberi rasa dan manfaat tambahan, tuangkan madu dan lemon secukupnya. 
  3. Minum rutin hingga batuk sembuh.

6. Merica Hitam dan Madu

Lagi-lagi madu yang dikolaborasikan. Namun, kali ini dengan rempah masak yang sepertinya jarang dikonsumsi orang untuk mengobati batuk (mungkin belum mengtahuinya). Untuk itu, Anda bisa langsung mencoba khasiat merica hitam selain menstimulasi sirkulasi lendir, yakni menyembuhkan batuk.

Cara pengobatannya:
  1. Ambil sesendok merica halus (bisa beli langsung atau tumbuk sendiri), kemudian campurkan dengan 2 sendok madu dalam gelas ukuran normal.
  2. Tuangkan air mendidih, ambil penutup gelas dan biarkan 10 menit.
  3. Terakhir, minum langsung dan rasakan kehangatannya.

7. Lemon

Lemon berbeda dengan jeruk nipis, tapi keduanya memiliki khasiat menyembuhkan batuk. Anda bisa mencoba ramuan herbal yang cukup unik cara pengonsumsiannya ini. Berikut caranya.
  1. Ambil satu buah lemon, belah menjadi dua bagian atau iris sesuka Anda.
  2. Pada bagian daging, taburi merica bubuk dan garam. 
  3. Cara mengonsumsinya yaitu dengan menghisap lemon hingga semua irisan berkurang cairannya.
Mungkin terkesan memaksakan, tapi memang seperti itu adanya. Atau, Anda bisa mencoba cara mengonsumsi lemon untuk mengobati batuk lain. Yakni dengan menjadikannya jus lemon hangat, untuk pemanis gunakan madu saja jangan gula.

8. Jahe

Jahe dapat memberi kehangatan bagi tubuh. Anda bisa langsung merasakan manfaat jahe bagi tubuh saat mengonsumsinya dalam bentuk cair, semisal susu jahe atau wedang jahe. Di tenggorokan akan terasa hangat sesaat menelan olahan jahe.

Seorang praktisi medis menggunakan jahe untuk meredakan gejala demam dan flu dengan memanfaatkan kandungan antihistamin dan kemampuan decongestant yang dimilikinya. Tanpa perlu beripikir panjang, Anda bisa langsung membuat jahe dengan mendidihkan 12 iris jahe dalam 3 gelas air selama ¼ jam, kemudian angkat, saring, tambahkan perasan lemon dan sesendok madu, minum ketika hangat.

9. Sup Hangat

Sup ayam hangat bisa menjadi santapan enak sekaligus bermanfaat meredakan flu yang disertai batuk. Uap dari sup yang masuk ke saluran pernapasan dapat mengurangi flu (mengatasi hidung tersumbat). Bicara efektif dan tidaknya mungkin tidak ada jawabannya, tetapi hal ini terbukti membantu.

Obat Batuk Herbal

Obat Batuk Herbal
(c) Flickr
Sekarang, Anda akan mengetahui bagaimana orang-orang sebelum kita mengobati batuk dengan tanaman yang hidup di alam. Silahkan disimak satu per satu resepnya, kemudian pilih yang menurut Anda manjur (baca: lebih baik tanyakan dulu pada orang yang sedikit paham tentang tanaman herbal).

Obat batuk pertama:
  • Siapkan 50 gram daun pegagan, kapulaga (tumbuk), kencur (parut), dan daun jinten (dipipis).
  • Rebus semua bahan hingga meniddih, saring airnya dan beri madu. Minum sampai batuk sembuh.

Obat batuk kedua:
  • Siapkan 10 gram daun belimbing dan kencur (parut), 5 gram temugiring (parut) dan daun inggu, dan 1 buah jeruk nipis.
  • Rebus semua bahan hingga mendidih, saring dan minum. Untuk pemanis sehat tambahkan madu saja.

Obat batuk ketiga:
  • Siapkan 1 genggam daun saga, 8 lembar daun sirih, 1 ruas jari gula merah, dan 2 gelas air matang.
  • Cuci daun saga dan daun sirih, campur keduanya. Rebus dalam air yang telah disiapkan hingga mendidih. 
  • Masukkan gula merah hingga larut, diamkan sampai air tersisa satu gelas.
  • Saring dan minum obat ini sehari dua kali hingga batuk sembuh.

Obat batuk keempat:
  • Siapkan 7 lembar daun pare segar dan 2 sendok makan air.
  • Bersihkan daun pare dengan air, tumbuk halus. Masukkan dalam mangkuk kecil.
  • Tuangkan air matang, peras, saring.
  • Minum langsung obatnya sehari dua kali.

Obat batuk kelima:
  • Siapkan 1 buah jeruk purut, 1 butir kuning telur, dan 1 sendok makan madu hutan. 
  • Peras jeruk, campur air preasan bersama kuning telur dan madu. 
  • Minum obat batuk tradisional ini sehari dua kali. 

Cara mengobati batuk tradisional keenam:
  • Siapkan 1 ruas jari jahe, 2 gelas air, dan 5 gram gula jawa
  • Bubuhkan rimpang jahe, masukkan dalam panci berisi 2 gelas air. Masukkan gula jawanya, rebus hingga mendidih.
  • Minum obat herbal batuk ini 3 kali sehari, masing-masing satu gelas.

Cara mengobati batuk tradisional ketujuh:
  • Persiapkan segenggam biji kapulaga dan 3 gelas air panas.
  • Prosesnya diawali dengan menghaluskan biji kapulaga, kemudian diseduh dalam air panas.
  • Minum langsung 3 kali sehari hingga sembuh.

Cara mengobati batuk alami kedelapan:
  • Ambil satu ruas jahe dan akar kalak kambing, 1 butir bawang merah, dan 3 gelas air bersih.
  • Cara membuatnya dimulai dengan mencuci semua bahan.
  • Selanjutnya, rebus bahan dalam air hingga mendidih. 
  • Diamkan sehabis menididh hingga dingin, saring ramuan.
  • Minum obat batuk alami sehari 3 kali masing-masing 1 gelas.

Cara mengobati batuk berdahak kesembilan:
  • Kumpulkan 4 gram daun sembung dan 3 gelas air matang.
  • Mulai dengan membersihkan daun sembuh dan taruh dalam mangkuk.
  • Tuang air, remas-remas daun. Saring.
  • Minum sehari sekali sebanyak satu gelas.

Cara mengobati batuk kering kesepuluh:
  • Gunakan 6 lembar daun sirih dan siapkan pula 4 gelas air.
  • Pembuatan diawali dengan mencuci daun sirih. 
  • Rebus daun ke dalam air hingga panas mendidih. Saring.
  • Tunggu dingin, minum sehari tiga kali masing-masing satu gelas.

Tips Meredakan Batuk

Tips Menyembuhkan Batuk Dengan Cepat
(c) Flickr
Banyak tanaman di sekitar yang bisa Anda manfaatkan untuk meredakan batuk. Untuk membantu proses penyembuhan, Anda bisa melakukan beberapa tindakan berikut.

Konsumsi Air Hangat

Batuk yang dialami oleh Anda biasanya disertai gatal pada bagian tenggorokan. Rasa tidak nyaman yang timbul tentu membuat Anda jengkel. Oleh sebab itu, kurangi rasa gatal dengan minum air hangat tawar atau teh hangat tanpa gula. Jika ingin sedikit ada rasa maka gunakan perasan lemon atau madu. Meminum air hangat bisa membantu tubuh tetap terhidrasi dan mengencerkan lendir yang menyumbat hidung.

Madu Lebih Baik Diminum Menjelang Tidur

Sebelum tidur di malam hari, Anda bisa membuktikan riset ilmiah perihal minum dua sendok teh madu ketika beranjak tidur untuk membantu menyembuhkan batuk. Proses pengobatan yang dilakukan oleh madu mirip dengan manfaat supresan batuk dekstometrofan. Kegiatan ini sangat baik dilakukan oleh wanita hamil yang sedang batuk.

Kumur-kumur Dengan Air Garam

Belum terbukti secara ilmiah mengenai ini. Tetapi, garam diyakini berkemampuan menyerap cairan yang melekat pada saluran tenggorokan yang menimbulkan pembengkakan. Jika dipadukan dengan air hangat, maka bisa menjadi media untuk mengurangi rasa gatal yang berlangsung di daerah tenggorokan.

Menghirup Uap dan Memijat Dada

Cara mengobati batuk yang satu ini benar-benar tradisional dan tidak membutuhkan banyak bahan apalagi peralatan. Anda cukup memanaskan air hingga mendidih, kemudian matikan apinya. Letakkan wajah Anda di atas panci sejauh beberapa sentimeter. Hirup uap panas yang keluar selama beberapa menit hingga hidung Anda yang mampet akibat lendir yang mengendap bisa encer.

Libatkan Otak Kanan 

Mungkin ini tidak ada kaitannya dengan dunia medis. Tetapi, seorang ahli otak kanan di Indonesia, Ippho Santosa, menuliskan dalam buku “7 Keajaiban Rezeki” bahwa otak kanan ternyata menjadi obat paling ampuh untuk menyembuhkan. Jika Anda penasaran, silahkan membuktikannya sendiri –meski tidak ada jaminan untuk sembuh langsung.

Caranya mudah. Setiap kali Anda minum obat atau melaksanakan beberapa kegiatan yang dapat meredakan batuk di atas, selalu pikirkan bahwa Anda akan sembuh hari itu juga. Memang proses kerja obat tidak secepat itu juga, namun otak Anda akan merekam apa yang Anda pikirkan bahwa Anda akan sembuh sesegera mungkin. Terus lakukan hingga Anda benar-benar mantap dan yakin dalam hati bahwa batuk akan reda dengan segera.

Meski dianggap sebagai respon, bukan penyakit, tetap saja ada dampak buruk dari batuk yang tak kunjung sembuh, salah satunya penyakit TBC. Untuk itu, cara mengobati batuk berdahak dan kering di atas sudah seyogyanya Anda lakukan (salah satu atau duanya) untuk meringankan batuk. 

Referensi:
  • Wikipedia
  • ALODOKTER
  • KlikDokter
  • Tips Bidan
  • Top10HomeRemedies

Related Posts

Subscribe Our Newsletter