-->

Ad Unit (Iklan) BIG

5 Daftar Makanan Penambah Darah yang Paling Manjur

Makanan Penambah Darah diperlukan badan untuk mengangkut oksigen serta zat gizi ke semua sisi badan Anda. Tetapi, sel darah merah pada badan dapat mati selanjutnya. Umumnya sel darah bakal di produksi lagi oleh sumsum tulang. Bila sumsum tulang tak dapat menghasilkan sel darah merah yang cukup untuk menukar sel yang mati, badan Anda juga bakal kekurangan darah. Untuk menolong produksi sel darah merah pada badan, ada beragam jenis makanan penambah darah yang mungkin saja penyelamat Anda. Simak daftarnya di bawah ini, ya.
Makanan Penambah Darah
Daftar Makanan Penambah Darah

Nutrisi penting dalam makanan penambah darah


1. Zat besi 

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia atau kurang darah. Jadi, Anda butuh konsumsi makanan yang kaya zat besi. Sumber zat besi yang baik untuk Anda yang menanggung derita anemia diantaranya yaitu daging merah (daging sapi atau kambing), jeroan seperti ati serta ampela, sayuran hijau seperti bayam, kacang-kacangan, ikan sarden, dan makanan laut seperti udang serta kepiting.

2. Zat tembaga 

Zat tembaga adalah satu diantara mineral yang diperlukan untuk tingkatkan produksi sel darah merah. Makanan penambah darah yang kaya zat tembaga diantaranya gandum utuh, kacang-kacangan, daging unggas seperti ayam serta bebek, makanan laut seperti udang serta kepiting, buah ceri, serta cokelat.

3. Asam folat 

Asam folat atau vitamin B9 dapat menolong tingkatkan jumlah sel darah merah pada badan. Kekurangan asam folat berisiko sebabkan anemia. Makanan penambah darah yang mempunyai kandungan asam folat tinggi umpamanya kacang polong, kacang merah, kacang hijau, alpukat, jeruk, lemon, dan sayuran hijau seperti bayam, brokoli, serta okra.

4. Vitamin B12 

Jenis vitamin B kompleks ini dapat tingkatkan manfaat sumsum tulang untuk membuat sel darah merah. Anda dapat memberi konsumsi vitamin B12 lewat bermacam jenis makanan. Salah satunya yaitu ati sapi, ikan, daging merah, telur, susu serta product olahannya, dan sereal. Vitamin B12 memanglah tidak sering diketemukan pada sayur atau buah-buahan, jadi Anda yang melakukan pola makan vegetarian atau vegan lebih rawan alami kekurangan vitamin B12.

5. Vitamin B6 

Serupa seperti vitamin B12, vitamin B6 dapat juga menolong pembentukan sel darah merah untuk Anda yang kurang darah atau anemia. Untuk tingkatkan kandungan vitamin B6 dalam darah, coba untuk konsumsi nasi, gandum, sereal, serta kacang-kacangan. Daging sapi, kambing, domba, serta ayam juga kaya vitamin B6.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter